8 September 2015

Pra PON XIX 2015 Cabor Bridge Usulkan Penambahan Nomor Pertandingan


[Majalah Bridge Indonesia] - PB GABSI secara resmi menetapkan Kepulauan Riau (Kepri) sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pra-Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX cabang olahraga bridge pada 2015. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 6-12 September 2015 di kota Batam, Kepri. Pra – PON akan dijadikan babak kualifikasi menuju PON 2016 yang bakal berlangsung di Jawa Barat.

Berbeda dengan Pra-PON edisi sebelumnya, khusus untuk Pra-PON pada tahun ini, Ketua Bidang Pertandingan PB PON XIX 2015 bersama Technical Delegate mencoba membuat terobosan. Mereka mengusulkan untuk menambahkan nomor pertandingan dari lima menjadi enam. Satu nomor tambahan yang diusulkan yakni mix team.

Seiring dengan penambahan nomor tersebut, otomatis jumlah medali juga akan bertambah. Medali yang sebelumnya sebanyak lima keping diusulkan menjadi 11 medali. Tambahan medali itu akan diberikan kepada juara IV, yang diikutkan menjadi juara bersama dengan Juara III sehingga berhak mendapat medali perunggu.

“Usul sudah dicatat dan didaftarkan. Ketua Bidang Pertandingan PB PON XIX 2016 saat itu tidak bisa memutuskannya. Kewenangan mengabulkan atau menolak ada di tangan KONI Pusat. Pak Ekawahyu Kasih (Ketum PB GABSI) sudah mengirimkan surat kepada KONI Pusat pada 18 Juni 2015 mengenai permohonan penambahan nomor dan medali itu,” ujar Wakil Ketua Umum PB GABSI Abdullah Imran.

Menurutnya, penambahan nomor tersebut tidak lepas dari upaya PB GABSI dalam mempersiapkan diri menuju ajang multievent yaitu SEA Games 2017 (jika dipertandingkan) dan Asian Games 2018 “Karena mulai tahun ini (program) kami akan berorientasi kepada SEA Games dan Asian Games. Ini juga upaya kami supaya bisa memenuhi lima target medali emas di Asian Games 2018 mendatang. Kami berharap KONI Pusat bisa memberikan lampu hijau sehingga jadwal (Pra-PON) juga bisa segera disusun,” ucap Imran yang meninjau venue Pra-PON di Batam bersema Sekjen PB GABSI Bambang Hartono pada 28 Juni 2015.

Dengan bertambahnya nomor pertandingan, PB GABSI juga berharap akan meningkatkan jumlah peserta. Dari nomor putra, lanjut Imran, diharapkan sebanyak 15-18 Provinsi ikut serta dalam Pra-PON 2016. Dari jumlah tersebut, sebanyak 12 provinsi akan masuk ke putaran final PON 2016. Sedangkan, nomor wanita diharapkan juga bisa menjaring 15-18 Provinsi dengan 7 Provinsi yang masuk ke putaran final.

Usulan 11 nomor PON 2016
1. Beregu Putra
2. Pasangan Putra
3. Beregu Putri
4. Pasangan Putri
5. Beregu Campuran
6. Pasangan Campuran
7. Perorangan (Butler) Putra
8. Perorangan (Butler) Putri
9. Perorangan (Butler) Campuran
10. Individual Putra
11. Individual Putri